Banyak orang mengalami kesusahan untuk berproduktif. Mereka menghamburkan waktu untuk hal yang kurang jelas. Kalau kamu membaca artikel ini agar tahu tips-tips untuk hidup produktif, kamu berada di jalur tepat. Di bawah ini adalalah tips-tips agar hidup kamu lebih berwarna, eh lebih produktif.

1. Catat Bagimana Kamu menghabiskan Waktu

Kalau kamu kesusahan untuk mengetahui kamu menghabiskan waktu kamu untuk apa aja. Kamu bisa menggunakan aplikasi hp yang dapat kamu unduh secara gratis. Namun, kamu juga bisa kok mencatat dengan cara tradisional.

Ketika kamu paham apa saja yang kamu lakukan selama satu hari. Kamu bisa fokus untuk mengurangi waktu kamu untuk hal yang tidak berguna.

2. Fokus Ke Satu Pekerjaan

Ketika kamu sedang mengerjakan suatu pekerjaan, kamu akan digoda oleh otak untuk melakukan hal lain. Misal, kamu akan kepikiran untuk membuka instagram ketika kamu sibuk bekerja. Lawanlah perasaan kamu untuk membuka medsos dan fokuslah untuk menyelesaikan pekerjaan kamu.

3. Matikan Notifikasi HP

Teknologi memang memudahkan manusia untuk mengerjakan sesuatu, namun teknologi juga bisa membuat manusia lalai akan sesuatu. Ketika kamu fokus melakuakan sesuatu, entah itu berkerja atau belajar. Matikanlah notifikasi hp kamu. Atur di hp kamu agar kamu mendapatkan notifikasi yang penting saja. Misalnya, pesan tentang pekerjaan atau keluarga dekat kamu.

Ketika kamu selesai dengan pekerjaan kamu, kamu boleh menyalakan kembali notifikasi hp kamu.

4. Batasi To -D0 -List Kamu

Mempunyai to do list itu penting, tapi jangan terlalu banyak membuat to do list, nanti kamu kerepotan untuk mengerjakan semuanya.

Kamu cukup mempunyai to do list sebanyak 3-5. Agar kamu bisa fokus untuk mengerjakan to do list kamu.

5. Ingat Keuntungan yang Akan Kamu Dapat Ketika Kamu Menyelesaikan Suatu Kegiatan

Kamu membutuhkan motivasi agar kamu fokus mengerjakan suatu kegiatan. Misalnya, kamu akan naik gaji jika menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan hasilnya bagus.

Akan sulit untuk bisa fokus jika kamu tidak mempunyai motivasi untuk terus melakukannya.

6. Lakukan Hal Kecil Agar Kamu Bahagia

Misalnya kamu bisa membereskan rumah sambil mendengarkan musik. Atau kamu lagi membutuhkan ide baru, kamu bisa jalan-jalan di taman dan menghirup udara segar.

Kamu juga bisa mengganti sprei kasur kamu agar kamu tidak bosan. Lakukan hal kecil yang membuat kamu bahagia.

7. Buat Pekerjaan Menjadi Mudah

Jangan membuat pekerjaan yang kamu lakukan sebagai hal yang sulit. Kekuatan pikiran itu sangat besar. Ketika kamu berpikir pekerjaan yang kamu lakukan itu mudah, makan akan mudah untuk menyelesaikannya.