Apa kamu kesulitan untuk mencintai diri kamu sendiri? Apa kamu membenci dengan dirimu sendiri? Kalau jawaban dari pertanyaan -pertanyaaan di samping adalah ‘iya’, maka kamu wajib untuk membaca artikel ini.

Mengapa mencintai diri sendiri itu penting?

Ketika kamu cinta dengan diri kamu sendiri, tingkat kepercayaan diri dan perasaan merasa diri sendiri berharga kamu akan meningkat.

Selain itu kamu kamu akan lebih bahagia dan tahu bagaimana cara memperlakukan diri kamu sendiri. Kamu akan berhenti membandingkan kamu dengan orang lain dan berusaha mencari kebahagiaan kamu sendiri.

Karena itulah penting bagi setiap manusia untuk mencintai diri mereka sendiri. Di bawah ini adalah cara-cara agar kamu cinta dengan diri kamu sendiri.

1. Bersenang -Senang Sendirian

Menghabiskan waktu bersama dengan orang terdekat itu memang penting, namun menghabiskan waktu sendirian juga tidak kalah pentingnya. Kamu akan lebih percaya diri melakukan kegiatan menyenangkan sendirian, tanpa harus bergantung dengan orang lain.

Kamu bisa nonton bioskop sendirian, pergi ke rumah makan sendirian. Dan hal-hal menyenangkan lainnya.

2. Travel Satu Tahun Sekali Sendirian

Mungkin jalan-jalan atau travel sendirian masih terdengar aneh dan kamu akan kesulitan untuk melakukannya. Tapi tidak ada ruginya untuk mencoba kan?

Kamu akan mempunyai banyak waktu untuk mengenali diri kamu sendiri.

3. Maafkan Diri Kamu Sendiri

Intropeksi itu penting tapi bukan berarti kamu akan tenggelam dengan masa lalu kamu sendiri. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Yang perlu kamu lakukan maafkan perbaiki diri dan maafkan diri kamu sendiri. Jangan terus menyesali kesalahan yang kamu perbuat di masa lalu karena itu tidaka ada gunanya.

4. Kejutkan Diri kamu Sendiri

Lakukanlah hal-hal yang kamu takutkan. Keluarlah dari zona nyaman kamu. Kamu tidak akan bisa berkembang kalau kamu terus -terusan berada di zona nyaman kamu.

5. Tulis Jurnal

Ketika kamu menulis di jurnal, kamu akan tahu bagaimana perasaan kamu di hari hari sebelumnya. Hal itu akan membantu kamu untuk menyelesaikan masalah. Kamu akan terhindar dari melakukan kesalahan untuk ke dua kalinya.

Selain itu ketika kamu rajin menulis jurnal, kamiu akan tahu ‘apakah kamu sudah menjadi orang yang lebih baik dari hari kemarin tidak?’. Menulis jurnal akan membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

6. Beristirahatlah

Kamu mungkin terkadang terlalu keras dengan diri kamu sendiri. Beristirahatlah. Tidak ada orang yang sempurna. Wajar ketika kamu melakukan kesalahan.

7. Latihlah Diri Kamu Untuk Mengatakan Tidak Kepada Orang Lain

Menjadi baik itu bagus tapi terlalu baik itu buruk. Kamu harus bisa mengatakan tidak kepada orang lain ketika permintaan tolong orang itu hanya akan merugikan kamu atau mempunyai dampak buruk bagi kamu.

Photo by Tim Mossholder on Unsplash