Kamu bisa dikatakan percaya diri ketika kamu yakin dengan kemampuan diri kamu sendiri. Mempunyai rasa percaya diri bukanlah sesuatu yang bisa terjadi dengan sendirinya. Kamu harus melatih diri kamu agar timbul rasa percaya diri.

Percaya diri ada hubungannya dengan kesehatan mental loh. Sebab ketika kamu tidak tidak yakin akan kemampuan diri kamu sendiri, kamu akan susah meraih kesuksesan dan kebahagiaan personal maupun profesional.

Selain itu ketika kamu percaya diri, kamu akan mempunyai motivasi yang lebih kuat untuk mempelajari hal baru. Kamu juga tidak akan menghamburkan waktu kamu untuk merendahkan diri kamu sendiri. Kamu akan mempergunakan waktu kamu sebaik baiknya untuk memperbaiki diri kamu sendiri.

Contohnya, ketika kamu mau melakukan persentasi. Orang yang tidak percaya diri akan menghamburkan waktu mereka untuk memikirkan pendapat orang lain, bagaimana kalau persentasi dia gagal, dan lain sebagainya. Sedangkan orang yang percaya diri akan mempergunakan waktunya untuk mempersiapkan persentasi dia agar persentasi dia berhasil.

Berikut ini adalah 5 cara untuk meningkatkan percaya diri.

1. Berhentilah Membandingkan Kamu dengan Orang Lain

Kamu mungkin melihat teman-teman kamu terlihat bahagia di media sosial, Lalu kamu membandingkan hidup kamu yang kurang bahagia dengan mereka yang terlihat bahagia. Atau kamu melihat wajah cantik atau tampan artis dan teman-teman kamu. Kamu lalu merasa insecure, merasa wajah kamu tidak menarik ketika kamu membandingkan fisik kamu dengan fisik orang lain yang kamu anggap cantik atau tampan.

Berhentilah membandingkan kamu dengan orang lain. Akan timbul rasa iri dan tidak percaya diri di hati kamu. kamu juga akan merasa insecure. Kamu tahu kan perasaan -perasaan negatif seperti itu tidak baik bagi kesehatan mental kamu?

Bahkan, sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan pada Personality and Individual Differences menemukan hubungan langsung antara iri hati dengan penilaian terhadap diri kamu sendiri.

Peneliti menemukan bahwa orang yang membandingkan dirinya dengan orang lain, kemungkinan besar mereka akan merasa iri. Dan semakin iri mereka, semakin buruk penilaian mereka terhadap diri mereka sendiri. Hal itu bisa menjadi lingkaran setan.

Setiap orang mempunyai jalan hidup masing-masing. Enggak ada gunanya membandingkan hidup kamu dengan orang lain. Hidup bukanlah sebuah perlombaan.

2. Rawat Tubuh Kamu

Ketika kamu merawat tubuh kamu, kamu akan merasa lebih percaya diri. Kamu pasti enggak suka kan kalau melihat wajah kamu yang jerawatan, kusam atau kamu mempunyai badan yang cepat sakit?

Olahraga teratur, makan makanan bergizi, rajin menggunakan skin care akan membuat percaya diri kamu meningkat. Kamu akan tampil lebih percaya diri ketika kamu berinteraksi dengan orang lain.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Neuropsychiatric Disease and Treatment menemukan bahwa aktivitas olahraga yang teratur akan memperbagus tubuh manusia . Dan ketika mereka merasa badan mereka bagus, kepercayaan diri mereka akan meningkat.

3. Latihlah Self-Compassion Kamu

Self compassion adalah ketika kamu melakukan kesalahan kamu akan bersikap baik kepada diri kamu sendiri. Berbicara buruk kepada diri kamu sendiri akan merusak kesehatan mental kamu.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Personality menemukan bahwa self-compassion akan membuat kamu lebih percaya diri. Kalau kamu berbicara kepada diri kamu sendiri dengan mengatakan, “Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan,” akan berlawanan dengan, “Saya sangat bodoh. Saya menghancurkan segalanya”.

Perlakukan diri kamu sendiri seperti kamu memperlakukan teman baik kamu.

4. Peluk Self-Doubt Kamu

Banyak orang yang menunda melakukan sesuatu karena mereka merasa tidak percaya diri. Padahal hal terbaik yang harus kamu lakukan adalah lakukan hal tersebut. Jangan menundanya.

Lawanlah rasa takut kamu dengan melakukan hal yang kamu takutkan. Katakan kepada diri kamu sendiri “Aku pasti bisa melakukannya”.

Namun, bukan berarti kamu tidak latihan atau belajar terlebih dahulu. Tentu saja, ketika kamu mau melakukan hal yang kamu takutkan, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik terlebih dahulu.