Setiap orang pasti ingin berubah menjadi lebih baik lagi. Namun banyak diantara mereka yang bingung bagaimana caranya agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Mungkin kamu adalah salah satunya?

Jika kamu bingung bagaimana caranya mengubah diri kamu menjadi lebih baik lagi. Artikel ini tepat untuk kamu. Di bawah ini adalah 21 tips agar kamu menjadi pribadi yang lebih baik.

1. Tingkatkan Empati Kamu

Ketika kamu mempunyai masalah dengan orang lain, jangan langsung menyalahkan diri sendiri atau orang lain. Kamu harus lihat masalah kamu dari berbagai sisi. Misalnya, ketika kamu sedang berjalan, tiba-tiba orang di belakang kamu menabrak kamu dan dia terus berjalan tanpa meminta maaf ke kamu. Kamu jangan langsung marah ke orang yang menabrak kamu. Kamu bisa mencoba berpikir positif. Misalnya, mungkin ibunya masuk UGD, sehingga dia harus buru-buru pergi ke rumah sakit. Dia tidak terpikiran untuk meminta maaf kepadamu karena yang ia pikirkan hanya ibu dia yang sedang sekarat.

Ketika kamu melihat masalah dari berbagai sisi, hidup akan lebih tenang.

2. Percaya Diri

Penelitian mengungkapkan faktor yang paling penting untuk membuat seseorang itu sukses itu bukan IQ yang tinggi. Ada 3 faktor yang lebih penting daripada IQ yaitu percaya diri, tujuan, dan ketekunan. Ketika kamu percaya diri, kamu akan lebih bahagia dan hal itu akan memudahkan kamu untuk mencapai kesuksesan.

3. Menjadi Pendengar Baik

Kebanyakan orang senang menceritakan diri mereka sendiri. Mereka kurang senang ketika mendengar kisah orang lain. Menjadi pendengar yang baik lebih sulit dibandingkan menceritakan diri kamu sendiri. Kamu mungkin pernah merasa malas ketika mendengar curhatan orang lain atau kesuksesan orang. Hal itu wajar kok. Tapi kamu harus berusaha untuk membuat orang lain senang dengan menjadi pendengar yang baik.

Selain menjadi pendengar yang baik, kamu juga harus menunjukan kamu tertarik dengan apa yang mereka bicarakan. Orang-orang akan menyukaimu ketika kamu bisa menjadi pendengar yang baik.

4. Bertemanlah Dengan Rasa Takut Kamu

Setiap orang pasti mempunyai rasa takut, begitu juga dengan kamu. Perasaan takut kamu akan menghalangi kamu untuk terus berkembang. Kamu tidak akan menjadi lebih baik lagi kalau kamu terus-terusan berada di zona nyaman kamu.

Keluarlah dari zona nyaman kamu dan kalahkan rasa takut kamu.

5. Tingkatkan Bahasa Tubuh Kamu

Jangan remehkan bahasa tubuh kamu. Ketika kamu mempunyai bahasa tubuh yang baik, rasa percaya diri kamu akan meningkat.

6. Bertemanlah Dengan Banyak Orang

Kamu bisa mulai dengan hal simpel seperti menyapa tetangga kamu. Ketika kamu tersenyum dan menyapa orang lain, hal itu akan membuat kamu bahagia dan menyebarkan perasaan positif ke orang lain. Ketika kamu membuat orang lain tersenyum, orang-orang akan menyukai kamu dan kamu akan mempunyai banyak teman dan kenalan.

Bertemanlah tanpa ada maunya atau maksud terselubung.

7. Cintai Diri Kamu Sendiri

Kamu harus mengenali diri kamu sendiri. Kelebihan dan kekurangan kamu apa, hal yang kamu sukai dan tidak kamu sukai itu apa, passion kamu apa, tujuan hidup kamu apa. Ketika kamu mengenali diri kamu dan menerima diri kamu sendiri, lama-lama akan timbul rasa cinta akan diri kamu sendiri.

Self-love itu penting karena kamu akan tahu apa yang terbaik buat kamu. Kamu akan berusaha menjadi lebih baik lagi karena kamu cinta dengan diri kamu sendiri.

8. Jangan Menunda-Menunda

Jika kamu bisa mengerjakan sekarang, kerjakan lah sekarang. Jangan tunggu besok, lusa, minggu depan untuk mengerjakan pekerjaan kamu. Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari, satu jam kemudian, 5 menit kemudian. Kamu akan merasa lebih tenang ketika kamu tidak menunda pekerjaan kamu.

9. Bangun Pagi-Pagi

Kalau kamu sulit untuk bangun pagi. Ubahlah kebiasaan kamu agar tidak tidak tidur terlalu malam. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di pagi hari. Kamu akan merasakan udara pagi, olahraga, dan melakukan kerjaan produktif lainnya. Kamu akan lebih bahagia, sehat ketika kamu membiasakan diri untuk bangun di pagi hari.

10. Menjadi Proaktif

Kamu harus mempunyai kebiasaan untuk bersikap proaktif. Beberapa ciri dari orang proaktif adalah.

  • Mereka menganggap diri mereka sebagai orangn yang bertanggung jawab atas kehidupan mereka yang jalani.
  • Mereka tidak menganggap diri mereka korban.
  • Mereka tidak mengizinkan orang lain untuk menentukan nasib mereka.
  • Mereka bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan.

11. Kuasai Seni untuk Menyelesaikan Masalah

Masalah adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari hidup kamu. Kalau kamu tahu seni untuk menyelesaikan masalah bukan kabur dari masalah maka hidup akan lebih bahagia dan sukses.

12. Lepaskan Masa Lalu Kamu

Salah satu faktor yang membuat hidup kamu tidak bahagia adalah karena kamu belum melepaskan masa lalu kamu. Jadikan masa lalu kamu sebagai pembelajaran untuk menjadi pribadi lebih baik lagi. Jangan jadikan masa lalu kamu sebagai penghambat kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

13. Seringlah Membaca

Kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dengan membaca. Ketika kamu mempunyai banyak ilmu, hidup kamu akan lebih bahagia.

Minat baca di Indonesia memang kecil. Tapi kamu jangan menjadi salah satu penduduk Indonesia yang tidak suka membaca.

14. Jadilah Pribadi yang Kuat

Masalah pasti akan datang di kehidupan kamu. Akan ada saatnya kamu merasa terpuruk dengan keadaan kamu. Tidak mungkin kamu akan selalu bahagia di hidup kamu, pasti ada saatnya kamu merasa sedih atau terpuruk. Ketika kamu menjadi pribadi yang kuat, kamu tidak akan membiarkan kesedihan kamu berlangsung lama. Kamu akan bangkit dan menyelesaikan masalah kamu.

15. Kelola Stres Kamu

Terlalu stres akan berdampak ke kesehatan mental dan fisik kamu. Banyak tips agar kamu bisa mengelola stres kamu. Praktekan tips-tips tersebut agar kamu tidak mudah stres atau terlalu lama stres.

16. Abaikan Keterbatasan Kamu

Kamu mungkin pernah merasa takut gagal, takut salah karena kamu merasa kamu tidak bisa melakukannya. Lawan rasa takut kamu dan yakin kamu pasti bisa.

Menjauhlah dari zona nyaman kamu. Kamu tidak akan berkembang jika kamu berdiam di zona nyaman kamu.

17. Bagikan Ilmu kamu

Membagikan ilmu tidak hanya berguna bagi orang lain tapi juga berguna bagi kamu. Kamu akan belajar lebih giat ketika kamu membagikan ilmu kamu kepada orang lain.

Untuk kamu mempunyai ilmu yang banyak, tapi kamu tidak membagikannya ke orang lain. Ketika kamu bermanfaat bagi orang lain maka hidup akan lebih bahagia.

18. Tingkatkan Tekad Kamu

Mempunyai tekad yang kuat akan membuat kamu lebih bahagia dan sukses. Kamu harus mempunyai kemauan keras agar impian kamu terwujud.

19. Buat Keputusan yang Tepat

Sebelum mengambil keputusan, pikirkanlah terlebih dahulu konsekuensi dan keuntungan dari keputusan yang akan kamu ambil. Terutama jika keputusan tersebut akan berpengaruh banyak terhadap hidup kamu.

Jangan asal ambil keputusan. Berpikirlah sebelum bertindak.

20. Mempunyai Growth Mindset

Growth mindset adalah pola pikir agar kamu terus menjadi orang yang lebih baik lagi. Kamu terus memperbaiki sifat buruk kamu dan berpikiran positif kamu bisa berubah.

Tidak ada kata terlambat untuk berubah menjadi lebih baik lagi.