Kamu mungkin sudah tahu apa pentingnya menulis jurnal, namun kamu bingung apa yang harus kamu tulis di jurnal kamu. Kamu merasa tidak ada yang menarik di dalam hidup kamu, sehingga ketika kamu sudah bersiap untuk menulis jurnal, mendadak pikiran kamu blank dan akhirnya kamu hanya menulis 3 sampai 5 kalimat saja. Hehe.

Tenang, kebanyakan orang seperti itu, bingung mau menulis apa di jurnal mereka. Hal itu wajar. Awal-awal kamu menulis jurnal, kamu mungkin akan merasa malas dan enggak tahu harus menulis apa. Tapi, ketika kamu mulai terbiasa menulis jurnal, kamu enggak akan kesulitan menulis lagi kok.

Banyak manfaat dari menulis jurnal. Salah satunya adalah untuk pengembangan diri. Kamu akan tahu progress apa saya yang terjadi setiap hari. Ingat, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin.

Bingung mau menulis apa? Di bawah ini adalah 3 ide untuk menulis jurnal.

1. Menulis Tentang Aktivitas Kamu

Tulislah apa yang kamu lakukan di hari itu. Kalau kamu merasa enggak ada hal menarik yang terjadi. Kamu bisa menulis hal-hal di bawah ini :

  • Jam berapa kamu bangun
  • Apa yang pertama kali kamu lakukan setelah bangun tidur
  • Apa yang kamu rasakan di pagi hari
  • Buku apa yang kamu baca
  • Siapa saja yang kamu sapa

Dengan menulis apa yang saya tuliskan di atas, kamu akan tahu progress apa saja yang telah terjadi di hari kamu menulis. Cobalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarin. Misalnya, kemarin kamu bangun kesiangan, besoknya kamu harus bangun lebih awal.

Kamu juga bisa menulis kegiatan-kegiatan menarik yang terjadi di hari itu. Apa saja, itu semua terserah kamu.

“Don’t trust your memory. When you listen to something valuable, write it down. When you come across something important, write it down.”

Jim Rohn

2. Menulis Tentang Apa yang Kamu Takuti

Ketika kamu khawatir akan sesuatu atau kamu takut sesuatu. Tulislah hal-hal yang kamu khawatirkan dan takuti itu di jurnal kamu. Dengan menulis, beban-beban kamu akan terasa lebih ringan.

Setelah menulis, kamu bisa memikirkan apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah kamu. Di bawah-bawah ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang bisa kamu tanyakan ke diri kamu sendiri.

  • Apa yang kamu khawatirkan hari ini
  • Apa yang harus kamu lakukan agar kamu tidak merasa khawatir lagi
  • Apa yang membuat kamu tidak nyaman
  • Apa saja yang terus menganggu pikiran kamu

Ketika kita mempunyai masalah, biasanya kita hanya memikirkan saja. Memikirkan masalah itu membuang waktu. Lebih baik kamu tulis masalah kamu di jurnal, dan pikirkan bagaimana caranya untuk menyelesaikan masalah itu.

3. Menulis Tentang Keputusan Kamu

Tulislah hal-hal yang harus kamu pikirkan dengan sungguh-sungguh sebelum kamu mengambil keputusan. Contohnya:

  • Apa saya harus keluar dari pekerjaan ini
  • Apa saya harus mengambil pekerjaan ini
  • Apa saya harus putus dengan pasangan saya

Lalu tulislah apa keuntungan dan kerugian jika kamu melakukan keputusan tersebut. Kamu akan berpikir lebih jernih ketika kamu menulis masalah kamu.

Menulis jurnal itu mudah. Yang susah itu adalah memulai dan terus konsisten menulis. Mulailah menulis jurnal dan kamu akan merasakan keuntungan yang dapat merubah hidup kamu menjadi lebih baik lagi.