Bahagia adalah tujuan hidup bagi banyak orang. Namun sayangnya hanya sedikit orang yang merasa hidup mereka bahagia.

Bagian yang paling menyedihkan adalah banyak manusia yang menyalahkan orang lain atas kehidupan mereka yang rasa tidak bahagia. Mereka berharap dibahagiakan oleh orang lain. Padahal ketika mereka berharap ke manusia , itu malah akan membuat hidup mereka tambah tidak bahagia.

Hidup ini adalah 100% persen tanggung jawab kamu. Kamu akan bahagia kalau kamu mengizinkan diri kamu sendiri untuk bahagia dan berusaha untuk bahagia. Enggak ada hubungannya dengan orang lain.

7 sikap di bawah ini akan membuat kamu bahagia kalau kamu mempraktekannya.

1. Enggap apa-apa kok kalau kamu gagal

Enggak semua rencana atau tujuan kamu akan tercapai. Kamu sudah berusaha keras, tapi tetap saja gagal. Percayalah Tuhan tahu apa yang terbaik untuk kamu. Pasti ada hikmah di setiap kejadian yang menimpa kamu.

Fokuslah untuk mencapai tujuan kamu, tapi jangan down ketika usaha kamu gagal. Cobalah untuk bahagia setiap kamu mempunyai progress dalam hidup kamu, meskipun hanya sedikit.

2. Carilah arti bahagia dan sukses yang sesuai dengan kamu

Setiap orang mempunyai definisi bahagia yang berbeda-beda. Arti bahagia bagi kamu mungkin akan berbeda dengan arti bahagia bagi orang lain.

Begitu juga dengan kesuksesan. Sukses tidak hanya berhubungan dengan uang. Setiap orang mempunyai arti sukses yang berbeda-beda. Kenali diri kamu sendiri, maka kamu akan tahu arti sukses dan bahagia bagi kamu itu apa.

3. Lakukan hal yang membuat kamu senang

Senang dan bahagia mempunyai arti yang bebeda. Senang itu jangka pendek, sedangkan bahagia adalah jangka panjang.

Kamu pasti punya kegiatan yang membuat kamu senang. Mungkin kamu senang berbelanja? Bermain game? Menulis? Lakukan hal-hal yang membuat kamu senang. Kalau kamu sering melakukan kegiatan yang membuat kamu senang, lama-lama kamu akan bahagia.

4. Bersyukur dengan yang kamu punya

Setiap orang mempunyai rezeki yang berbeda-beda. Kamu jangan membandingkan kehidupan kamu dengan kehidupan orang lain. Belum tentu orang yang mempunyai uang yang lebih banyak dari kamu, hidupnya bahagia.

Bersyukur bukan berarti kamu tidak berusaha agar kamu mempunyai kehidupan yang lebih layak. Bersyukur artinya kamu akan memanfaatkan sumber daya yang kamu punya agar mempunyai kehidupan yang lebih baik lagi.

Kamu bisa kok bersyukur dari hal kecil contohnya kamu bersyukur karena Tuhan masih memberi kesempatan kamu untuk hidup, kamu bersyukur karena kamu masih mempunyai orang tua. Nah ketika kamu bersyukur kamu akan memanfaatkan hidup kamu sebaik-baiknya.

5. Ucapkan “Aku cinta kamu” ke orang-orang yang kamu sayangi

Kamu bisa bilang “Aku cinta kamu” ke orang tua, pasangan, saudara,anak, sahabat atau orang-orang terdekat kamu.

Mungkin awalnya sulit dan terdengar memalukan, Tapi kalau kamu sering mengucapkannya kamu akan terbiasa. Mengatakan “Aku cinta kamu” akan membuat kamu dan orang lain bahagia.

Dan tentu saja hubungan kamu dengan orang-orang terdekat kamu akan semakin lebih akrab.

6. Mempunyai Hobi yang berhubungan dengan tujuan hidup kamu

Kalau kamu sering membaca blog saya, kamu mungkin tahu saya beberapa kali menekankan pentingnya memiliki tujuan hidup. Dengan memiliki tujuan hidup, kehidupan kamu akan lebih bermakna dan bahagia.

Dan kamu akan lebih bahagia ketika kamu mempunyai hobi yang membuat kamu dekat dengan tujuan hidup kamu.

jadi, usahakanlah temukan hobi yang berhubungan dengan tujuan hidup kamu. Kalau kamu masih bingung dengan tujuan hidup kamu, carilah terus sampai kamu menemukannya.

7. Jangan tunggu besok kalau kamu bisa melakukannya hari ini

Percayalah menunda nunda pekerjaan akan membuat hidup kamu kacau dan tidak bahagia. Kamu enggak tahu apa yang akan terjadi besok. Mungkin kamu berpikir kamu bisa menyelesaikannya besok, tapi bagaimana kalau terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dan kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan kamu esok hari.

Jadi usahakan ya jangan menunda-nunda pekerjaan. Kamu ingin hidup kamu bahagia kan? Hehe.