Kamu mungkin sekarang sedang berencana untuk membentuk kebiasaan baru yang bagus untuk masa depan kamu. Atau kamu sekarang sedang berusaha untuk membentuk kebiasaan baru, tapi selalu gagal? Coba ikuti tips yang saya bagikan di bawah ini. Hehe

1. Mulai Dengan Satu Kebiasaan Baru

Kebiasaan baru akan membuat perubahan besar terhadap hidup kamu. Untuk bisa membentuk kebiasaan baru kamu harus displin, konsisten, dan jangan menyerah. Kalau kamu mencoba membentuk lebih dari satu kebiasaan baru. Itu akan menyulitkanmu. Jadi lebih baik fokus membentuk satu kebiasaan baru. Ketika kamu berhasil membentuk satu kebiasaan baru, cobalah untuk membentuk kebiasaan yang lain.

Cobalah untuk konsisten membentuk satu kebiasaan baru selama satu bulan. Ketika kamu berhasil, kamu bisa mencoba untuk membentuk kebiasaan lain.

2. Ubah Jadwal Kamu

Kamu mungkin sekarang sudah memulai membentuk kebiasaan baru. Tapi gagal terus. Seharusnya kamu konsisten, setiap hari harus melakukan hal yang sama hingga membentuk kebiasaan baru. Namun, harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Selalu saja dalam seminggu, ada hari yang bolong. Susah kan konsisten melalukan hal yang sama selama satu bulan?

Nah, sekarang mulailah ubah jadwal membentuk kebiasaan baru kamu. Yang awalnya setiap hari, menjadi setiap satu minggu. Contohnya : Meditasi selama 3 jam per minggu.

3. Mulai Dari Hal Kecil, Lalu Terus Tambah Frekuensinya

Mulai dari hal kecil seperti : Olahraga selama setengah jam per minggu. Lalu tambah menjadi : Olahraga selama 1 jam per minggu.

Kalau dari awal goal kamu sudah besar, kamu akan sulit untuk terus konsisten. Mungkin awal-awal minggu kamu semangat. Namun lama kelamaan semangat kamu akan menghilang. Hingga akhirnya kamu tidak melakukan lagi.

4. Kamu Harus Bertanggung Jawab

Ketika kamu mempunyai komitmen untuk membentuk kebiasaan baru, kamu harus bertanggung jawab untuk melakukannya. Banyak aplikasi yang bisa kamu download di smartphone kamu untuk membantu kamu membentuk kebiasaan baru.

5. Enggak Apa-Apa Kalau Kamu Gagal

Membentuk kebiasaan baru itu tidak mudah. Jadi kamu mungkin akan mengalami kegagalan. Kamu enggak boleh down ketika kamu gagal, kamu harus terus mencoba hingga akhirnya kamu berhasil.

Untuk mengurangi persentase kamu akan mengulangi kegagalan. Kamu bisa menulis sikap apa yang akan kamu lakukan jika kamu gagal. Contohnya :

  • Saya akan melakukan pushup sebanyak 15 kali jika saya gagal mencapai tujuan saya.
  • Saya akan menelpon teman terdekat saya untuk memberikan saya semangat agar saya semangat kembali membentuk kebiasaan baru.

Semoga bermanfaat ya :).

Sumber Gambar : Pexels

Referensi : theproductiveyou.com