Masyarakat Jepang mempunyai konsep yang membuat kehidupan mereka bahagia. Paham itu dinamakan dengan ikigai.

Ikigai dapat diterjemahkan sebagai nilai hidup atau pedoman hidup. Ikigai adalah konsep yang sudah ada di budaya jepang selama satu dekade.

Ikigai digambarkan dengan diagram Venn yang ada di paling atas artikel ini. Ikigai merupakan perpaduan dari :

  1. Apa yang kamu suka lakukan.
  2. Keahlian kamu apa.
  3. Apa yang dunia butuhkan
  4. Apakah kamu bisa mendapatkan imbalan dari apa yang kamu lakukan

Ikigai dan Kebahagian

Menurut psikiater Mieko Kamiya, konsep dari Ikigai itu sama dengan konsep kebahagian, tapi ada sedikit perbedaannya. Ikigai melihat kehidupan dari kacamata yang lebih besar, membuat kamu menikmati hidup meskipun berada di situasi yang menderita.

Kehidupan Sehari- sehari dan Seumur Hidup

Konsep dari Ikigai adalah menikmati kehidupan kamu sehari-hari. Hal itu membuat kamu menghargai kehidupan sehari-hari kamu, merayakan pencapaian meskipun hanya pencapain kecil, dan kamu bisa merasakan kebahagian kecil di dalam hidup kamu.

Ikigai dan Umur yang Panjang

Rata-rata angka harapan hidup di Jepang adalah 87 tahun untuk wanita dan 81 tahun untuk pria. Ikigai adalah alasan utama mengapa angka harapan hidup di Jepang tinggi. Selain karena Ikigai, masyarakat Jepang juga menerapkan pola hidup sehat.

Bangun Ikigai Kamu

Buat tiga daftar kecil :

  1. Value Kamu
  2. Hal apa aja yang kamu suka lakukan
  3. Keahlian kamu apa saja

Tumpang tindih dari 3 daftar kecil itu adalah ikigai kamu, sesuatu yang lebih baik kamu lakukan selama hidup kamu.

Tujuan dari Ikigai

Ikigai bukanlah teori yang hanya dipahami tanpa dipraktekan. Ikagai hanya akan bisa terwujud jika kamu melakukannya di kehidupan sehari-hari dan latihan yang terus menerus.

Selain itu apa yang kamu lakukan harus memberikan dampak yang baik bagi kehidupan masyarakat. Tidak boleh hanya bekerja keras dan keuntungannya hanya untuk kamu sendiri.

Sumber gambar: Pinterest

Referensi : BBC