Kamu mungkin sering khawatir dengan penilaian orang lain mengenai diri kamu. Kamu takut kehilangan teman kamu, kamu takut dibicarakan oleh teman-teman kamu, kamu takut orang lain berpikiran negatif tentang kamu. Tenang saja, saya akan membagikan tips-tips agar kamu tidak khawatir lagi akan penilaian orang lain.

1. Kamu Bukan Pembaca Pikiran

Kamu enggak bisa baca pikiran orang lain, jadi kenapa kamu berpikir orang-orang pada berpikiran buruk tentang kamu? Kenapa kamu berpikir orang-orang banyak yang enggak suka sama kamu? Enggak masuk akal kan?

Hentikanlah berpikiran negatif akan penilaian orang mengenai diri kamu. Siapa tahu mereka berpikiran positif tentang kamu. Kamu kan enggak tahu.

Memikirkan apa yang mungkin orang pikirkan tentang kamu itu menghamburkan waktu dan membuat kamu stres. Cobalah berpikiran positif. Misalnya ketika teman kamu tidak membalas pesan kamu, mungkin dia lupa untuk membalas pesan kamu. Manusia kan sering membuat kesalahan. Jangan berpikir dia enggak suka sama kamu, makanya dia enggak balas pesan dari kamu.

2. Kamu Bisa Mengontrol Emosi dan Perasaan Kamu

Engga ada satu orang pun yang memaksa kamu untuk merasakan perasaan negatif. Kamu yang mempunyai kendali atas perasaan dan emosi kamu. Wajar kalau kamu sedih. Tapi menjadi tidak wajar ketika kamu sedih terlalu lama.

Meskipun ada yang orang yang berpikiran negatif tentang kamu, kamu bisa mengubah pikiran negatif tersebut menjadi pikiran positif dengan cara mengubah sikap kamu.

3. Tidak Ada Orang yang Sempurna

Setiap orang mempunyai sifat buruk yang berbeda-beda. Ketika ada orang yang berpikiran jelek tentang kamu atau mereka melakukan sesuatu yang merugikan kamu. Coba deh untuk berpikir mungkin dia mempunyai masa lalu yang buruk, sehingga dia melampiaskannya ke kamu. Atau ketika ada orang yang melakukan hal yang enggak enak ke kamu, contohnya memarahi kamu di depan umum, mungkin dia lagi ada masalah dengan kehidupan dia sehingga dia menjadi gampang marah.

Berpikiran positiflah terhadap orang lain. Kamu juga pasti pernah melakukan kesalahan kan? Suatu saat nanti juga mereka akan merasa bersalah atas apa yang mereka lakukan kepada kamu.

Maafkan mereka, dan jangan terlalu dipikirkan.

4. Fokus Menggapai Tujuan Kamu

Kalau kamu mempunyai tujuan hidup atau impian, hidup kamu akan lebih bahagia dan bermakna.

Kamu enggak punya waktu untuk memikirkan apa pendapat orang tentang kamu karena kamu fokus untuk menggapai tujuan kamu.

Kalau kamu belum mempunyai tujuan hidup. Cari deh, agar hidup kamu bahagia.

Sumber gambar: Unsplash

Sumber ilmu: Make Me Better