Kemungkinan besar kamu sering atau sudah pernah mendengar istilah copywriting. Tapi kamu bingung apa sih copwriting itu?Iya kan? Hehe.

Iyaaa. Copywriting itu apa?

Banyak buku yang membahas tentang copywriting, tapi sedikit yang membahas tentang pengertian copywriting. Ada yang bilang copywriting itu adalah tulisan yang membuat calon konsumen membeli jasa atau barang, ada yang bilang copywring adalah tulisan persuasif yang meningkatkan penjualan. Pokoknya beda-beda.

Nah, saya mempelajari hal baru ketika saya mengikuti kelas online impactfulwriting. Di salah satu ebook yang saya baca tentang copywriting, ada pengertian tentang copywriting :

“Copywriting adalah kata-kata persuasif untuk mengomunikasikan pesan kepada audience yang tepat”

Audience di sini maksudnya adalah orang yang menjadi target market kamu. Sebelum kamu membuat copywriting, pahami dulu siapa target market kamu dan pengetahuan produk atau jasa yang mau kamu iklankan.

Karena kalau audience-nya enggak tepat, akan susah bagi kamu untuk mengomunikasikan pesan secara persuasif. Misalnya kamu menjual produk kecantikan. Nah, kamu malah membuat copywritingnya untuk laki-laki. Enggak tepat kan? Meskipun mungkin ada beberapa laki-laki yang mau beli produk kecantikan untuk pasangannya atau keluarganya, tapi kan enggak banyak.

Jadi sebelum kamu membuat copywriting, pahami dulu audiences-nya dan pengetahuan mengenai produk atau jasanya. Lalu pahami alurnya.

Kamu harus membayangkan menjadi seorang pembaca ketika kamu membaca copywriting yang kamu tulis. Apa kamu jadi tergerak untuk membelinya atau malah sebaliknya? Kalau enggak tergerak atau malah jadi enggak mau membeli, perbaiki copywriting kamu.

Kamu juga harus menjawab permasalahan dari calon konsumen. Kalau permasalahan mereka bisa terselesaikan dengan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Mereka akan mau mengeluarkan uang untuk membeli produk kamu.

Nah, makanya penting bagi kamu untuk tahu dengan jelas mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan sebelum kamu membuat copywriting-nya. Kalau kamu enggak tahu tentang produk yang kamu tawarkan. Kamu enggak akan bisa membuat kalimat yang persuasif untuk audiences kamu.

Ini hanyalah secuil ilmu tentang copywriting. Kalau ingin mendapatkan ilmu yang lebih lanjut, klik link ini ya. Semoga bermanfaat ya. Semoga sekarang kamu tahu yah apa itu copywriting dan ilmu tentang copywriting lainnya.

Mau baca artikel terbaru klik link ini ya!