Kamu mau tulisan kamu dibayar? Pasti mau kan? Siapa sih yang enggak mau? Hehe. Saya tidak percaya kalau kamu bilang kamu tidak butuh uang.

Tapi sebelum kamu ingin menjadi penulis yang dibayar, kamu harus menjadi penulis profesional terlebih dahulu. Siapa sih yang mau bayar tulisan kamu, kalau kamu belum ahli dalam menulis? Enggak ada kan? Penasaran kan gimana caranya?

 

Iyaaaa, gimana caranya?

 

Pertama, tentu saja kamu harus banyak latihan menulis

 

Buat komitmen deh, setiap hari kamu harus menulis minimal satu artikel di blog kamu. Dengan menulis setiap hari, kemampuan menulis kamu akan semakin meningkat. Kamu juga akan percaya diri untuk menunjukan blog kamu sebagai portofolio kamu. Selain latihan menulis di blog, kamu juga bisa meningkatkan skill menulis kamu dengan cara mengikuti pelatihan menulis atau membaca buku tentang menulis. 

Saya dulu banyak mendapatkan ilmu penulisan dari impactfulwriting Di sana saya mengikuti kelas certified impactful writer. Ada banyak ebook tentang content writing dan copy writing yang tersedia di kelas tersebut.

 

Kedua, kamu harus tahu apa yang kamu inginkan 

 

Kamu harus bangga menjadi penulis profesional dan fokus menjadi seorang penulis. Saya tidak tahu apa yang memotivasi kamu untuk menjadi penulis. Tapi jadikanlah motivasi itu agar menjadi penulis profesional yang mahir.

 

Ketiga, jalin relasi

 

Perbanyak relasi dengan banyak orang. Ikuti banyak seminar, komunitas, pelatihan, dan perkumpulan lainnya. Peluang kamu untuk mendapatkan klien akan semakin besar kalau kamu mempunyai banyak relasi. Dan siapa tahu kamu bisa ketemu jodoh. Hehe. 

Nah ketika kamu sudah merasa percaya diri dengan kemampuan menulis kamu. Kamu bisa menjadi seorang freelance, content writer, copy writer, penulis buku, penerjemah (Kalau kamu ahli bahasa asing), jurnalis, blogger profesional.

Yang paling penting adalah latihan, latihan, latihan. Dan berdoa.