Siapa sih yang enggak mau dapat banyak order dari bisnis online? Pasti mau dong. Tapi mungkin kamu bingung bagaimana caranya agar dapat banyak order dari bisnis online. Bisnis online itu sama sulitnya dengan bisnis offline. Sama-sama membutuhkan ilmu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebelumnya, kamu harus tahu dulu istilah-istilah yang ada di bisnis online.

Traffic

Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu traffic di bisnis online. Traffic di bisnis online maksudnya adalah seberapa banyak orang yang mengunjungi website, toko online atau media sosial kamu. Kamu membutuhkan banyak traffic agar penjualan kamu laku.

Conversion

Istilah ini maksudnya adalah seberapa banyak orang yang mengunjungi, website, toko online, dan media sosial kamu yang akhirnya membeli jasa atau barang yang kamu jual. Dibutuhkan teknik closing dan copywriting agar conversion kamu berhasil.

Relationship

Nah, banyak orang yang mengabaikan ilmu yang satu ini. Mereka menawarkan produk atau jasa mereka. Lalu ketika ada pembeli yang membeli barang atau jasa mereka. Mereka tidak berusaha agar membuat hubungan jangka panjang dengan pembeli tersebut. Dalam bisnis online, penting untuk memilki banyak pelanggan tetap. Tujuannya adalah agar mereka mau melakukan repeat order dan merekomendasikan produk atau jasa kamu ke teman-teman atau orang-orang terdekat mereka.

Cara Agar Mereka Membeli Barang Produk atau Jasa Kamu

Kamu butuh membangun kolam ikan. Kolam ikan di sini maksudnya adalah email, no hp, dan banyak relasi.

Ikannya adalah calon pembeli produk atau jasa kamu. Pertama tama bangun terlebih dahulu website atau media sosial. Ketika website atau media sosial kamu sudah memilki banyak traffic. Coba deh pancing mereka agar mereka mau memberikan email atau no hp mereka dengan sukarela. Kamu bisa memberikan ebook gratis dengan syarat mereka harus memberikan email mereka terlebih dahulu. Nah, kamu kirimkan ebook tersebut lewat email mereka.

Lalu bagaimana cara memperbanyak nomor hp? Kamu harus ikut banyak pertemuan, seminar atau bergabung ke banyak komunitas yang ada hubungannya dengan produk atau jasa yang kamu buat. Jalin relasi dengan para calon pembeli dan tanyakan nomor hp mereka.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan instagram ads atau facebook ads sebagai media promosi . Contohnya, kamu bisa memberikan pelatihan gratis dengan menggunakan whatsapp grup. Lalu kamu promosikan kelas gratis tersebut dengan menggunakan Fb ads atau Ig ads. Mereka akan dengan sukarela memberikan nomor hp mereka agar mereka dapat mengikuti kelas gratis yang kamu buat.

Ketika kamu telah mendapatkan banyak ikan di kolam ikan milik kamu. Kamu bisa mulai mempromosikan produk atau jasa kamu. Tapi caranya harus halus. Buatlah seolah olah itu bukan iklan, namun sebenarnya itu adalah iklan.

Bingung? Ya, dibutuhkan ilmu yang mendalam untuk menguasai semuanya. Coba kamu pelajari ilmu tentang digital marketing kalau kamu ingin sukses bisnis online.

Yang paling penting, jangan lupa untuk dipraktekan. Buat apa kamu punya banyak ilmu. Namun, ilmu tersebut tidak kamu pergunakan sebaik-baiknya.

Semoga sukses.