Jujur, alasan saya membuat blog ini adalah untuk latihan menulis dan menerjemahkan. Saya akui kemampuan saya dalam bidang penulisan itu kurang bagus, atau lebih tepatnya tidak bagus. Maka, inilah saya yang sedang mencoba menulis tulisan yang bagus di blog ini. Hehe.

Saya adalah lulusan sastra Inggris Unpad. Mungkin banyak yang berpikiran jurusan sastra adalah jurusan yang banyak berhubungan dengan menulis dan membaca. Kalau kamu berpikiran seperti itu, 99.99 persen kamu benar. Ketika saya kuliah dulu, banyak tugas yang mengharuskan saya untuk menulis dan membaca.

Salah satu mata kuliah yang mengharuskan sana membaca adalah prose. Si prose ini banyak macamnya. Tapi mohon maap saya lupa namanya apa aja, yang jelas di tiap semester kami wajib mengambil mata kuliah prose. Prose itu artinya prosa. Sesuai namanya mata kuliah ini berhubungan dengan novel dan cerpen-cerpen. Kami para mahasiswa sastra Inggris diwajibkan membaca novel dan cerpen-cerpen zaman dulu. Mungkin kamu berpikir tugas membaca novel dan cerpen itu menyenangkan. Iya membaca novel dan cerpen itu menyenangkan jika tulisannya menggunakan bahasa Indonesia. Waktu itu saya masih semester satu, sehingga masih banyak kosakata bahasa Inggris yang saya tidak mengerti . Apalagi cerpen dulu itu banyak yang menggunakan bahasa Inggris jadul, tambah saya tidak mengerti, wkwkwk. Dah akhirnya saya mendapatkan nilai C untuk mata kuliah prose.

Waktu kuliah dan saat ini, saya memang kurang suka membaca. Saya suka membaca buku dengan metode fast reading, karena saya memang malas membaca. haha. Dulu waku saya masih SMA, saya suka membaca Harry Potter. 2 hari saya berhasil menamatkan Harry Potter. Saya punya koleksi Harry Potter dari jilid 1-7. Dan saya beli dengan menyisihkan uang saku saya. Tidak hanya Harry Potter, novel-novel lainnya pun saya suka baca, terutama yang genrenya fantasy. Namun, sekarang saya mulai jarang membaca novel. Well, thing are changing , right?

Okay, back to the topic. Tidak hanya membaca yang saya kurang sukai. Saya juga kurang menyukai menulis. Meskipun saya lulusan sastra Inggris yang diharuskan untuk sering menulis dan membaca, tapi tetap saja sulit untuk menumbuhkan rasa senang akan menulis dan membaca. Sedangkan untuk bisa menulis tulisan yang bagus, kamu harus sering membaca dan menulis.

Nah, saya mempunyai keyakinan manusia itu bisa berubah sesuai dengan apa yang mereka pikirkan . Saya sekarang sedang berusaha untuk menumbuhkan rasa cinta akan menulis dan membaca. Kalau ditanya apakah menulis itu sulit, iya, saya akan menjawab iya. Karena saya belum terbiasa untuk menulis. Tapi, sekarang ketika saya sedang menulis blog ini, saya berpikir “Menulis itu tidak sesulit yang kamu pikirkan”.