Virus corona atau COVID-19 merupakan virus yang lagi booming di seluruh dunia. Setiap berita di saluran televisi, website, koran sibuk membicarakannya. Tak terkecuali di Indonesia. Semua media sosial seperti youtube, whatsapp, twitter, facebook, whatsapp sibuk membicarakan virus ini . Kamu akan mudah menemukan info tentang Corona di mana-mana. Ketika kamu membuka aplikasi seperti tokopedia, pinterest, gojek, grab pun kamu akan melihat sedikit info tentang apa itu corona dan cara pencegahannya. Itu artinya masyarakat dan pemerintah bekerja sama untuk melawan virus Corona. Mereka ingin masyarakat tahu apa itu Corona dan bagaimana cara pencegahannya.

Seperti yang mungkin kamu tahu, sebagian masyarakat senang membuat orang lain panik. Berita hoax mengenai virus corona mulai tersebar. Biasanya penyebarannya melalui WA. Akibatnya? Masyarakat banyak yang panik. Mereka memborong banyak makanan, masker, hand sanitizer yang akhirnya malah merugikan banyak orang terutama masyarakat di kalangan menengah ke bawah. Jujur, saya tidak mengerti apa maksud si penyebar hoax, apa mereka bahagia melihat orang lain panik? Sebenarnya tanpa berita hoax pun, masyarakat sudah banyak yang panik. Setiap hari selalu saja ada berita mengenai Corona. Panik jangan, waspada harus. Iya engga?

Virus Corona bukan virus yang bisa dianggap remeh. Saat saya menulis tulisan ini, virus corona sudah tersebar di 192 negara dengan 341.561 kasus, jumlah orang yang meninggal 14.748, jumlah orang yang sembuh 99.049. Saya mengambil data tersebut dari wordometer. Penyebarannya cepat. Setiap hari sekitar 20 ribu orang terkena virus Corona di seluruh dunia. Angka yang mengkhawatirkan bukan? Jangan panik, harus waspada.

Kita bisa melakukan pencegahan dengan cara:

  • Hindari menyentuh mata, hidung, mulut
  • Cuci tangan minimal 20 detik pakai air, sabun, atau hand sanitizer
  • Hindari keramaian
  • Bersihkan gadget dengan tisu alkohol
  • Memakan alat makan pribadi

Selain panik, banyak masyarakat yang mulai menyalahkan pemerintah. Jujur saya juga kecewa dengan pemerintah karena pemerintah terkesan menyepelekan virus Corona ketika virus Corona belum terdeteksi di Indonesia. Tapi tidak ada gunanya menyalahkan pemerintah. Kalau dengan menyalahkan pemerintah, virus corona akan menghilang, yah udah salahkan saja pemerintah. Tapi enggak kan? Yang penting mah sekarang kita sama-sama berdoa agar virus Corona cepat menghilang dari muka bumi ini dan berusa semaksimal mungkin melakukan pencegahan agar tidak terkena virus corona. Untuk masalah yang hanya bisa dilakukan oleh pemerintah, yah kita percayakan saja ke pemerintah :).