Peppermint oil adalah salah satu essential oil yang mempunyai banyak kegunaan. Minyak ini dapat digunakan secara aromatik (dihirup) dan topikal(dioles) untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti nyeri otot,migrain, alergi,pernapasan, kecapean, dan masalah pencernaan. Selain itu, minyak ini pun dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dan rambut. Peppermint oil merupakan salah satu essential oil yang paling terkenal di dunia. Saya menyarankan agar kamu memilikinya di lemari obat kamu.

Apa Itu Minyak Peppermint?

Peppermint adalah jenis hybird atau penyilangan dari tanaman spearmint dan water mint (Mentha aquatica) . Minyak ini dikumpulkan oleh CO2 atau ekstrasi dingin dari bagian segar tanaman berbunga. Bahan yang paling aktif adalah mentol (50–60 persen) dan menton (10–30 persen).Tidak hanya peppermint oil adalah salah satu herbal tertua di Eropa yang digunakan sebagai pengobatan, catatan sejarah lainnya juga menyebutkan minyak ini digunakan sebagai obat tradisional China dan Jepang kuno. Selain itu minyak ini pun disebutkan di mitologi Yunani ketika nymph Mentha (atau Minthe) diubah menjadi tanaman wangi oleh Pluto yang jatuh cinta kepadanya dan ingin Minthe dikenang selama bertahun-tahun yang akan datang.Penggunaan peppermint oil sudah didokumentasikan sejak 1.000 SM dan telah ditemukan di beberapa piramida di Mesir.

Kegunaan dan Cara Menggunakan Peppermint Essential Oil

1.Meringankan Nyeri Otot dan Sendi

Jika kamu bertanya tanya apakah minyak peppermint bagus untuk menghilangkan rasa sakit, jawabannya adalah ya! Peppermint essential oil adalah penghilang rasa sakit dan pelemas otot natural yang sangat efektif. Minyak ini memiliki sifat pendingin, penyegar, dan antipasmodik. Peppermint juga dapat membantu menghilangkan sakit kepala. Sebuah penelitian menyebutkan ketika minyak essensial peppermint dioles ke daerah yang sakit minyak essensial ini dapat menjadi penghilang rasa sakit yang terkait dengan fibromyalgia dan sindrom nyeri myofascial.

Para peneliti menemukan bahwa minyak peppermint, eucalyptus, menthol, capsaicin dan olahan herbal lainnya dapat membantu menghilangkan rasa sakit karena mereka bekerja sebagai analgesik topikal. Untuk menggunakan peppermint sebagai penghilang rasa sakit, cukup gunakan 2-3 tetes pepermint ke daerah yang sakit sehari 3 kali. Peppermint dapat dicampurkan dengan lavender oil agar badan kamu lebih relax dan mengurangi nyeri otot.

2. Mengurangi Sinusitis dan Masalah Pernafasan Lainnya

Dengan menghirup peppermint essential oil dapat membantu kamu merangsang pengeluaran dahak di saluran pernafasan kamu tenggorokan kamu. Peppermint bertugas sebagai ekspektoran membantu membuka saluran udara di saluran pernafasan, menghilangkan lendir, dan mengeluarkan dahak. Minyak ini merupakan salah satu essential oil terbaik untuk pilek, flu, batuk, sinusitis, asma, dan masalah pernafasan lainnya.

Studi laboratorium menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam minyak peppermint memiliki sifat antimikroba, antivirus dan antioksidan, yang berarti dapat membantu melawan infeksi yang mengarah pada gejala yang melibatkan pernafasan saluran pernafasan.

3. Meredakan Alergi Musiman

Minyak peppermint sangat efektif untuk melemaskan otot di saluran pernafasan kamu dan menghilankan lendir ketika alergi musiman. Merupakan salah satu essential oil terbaik untuk alergi karena bersifat ekspektoran, anti-inflamasi, dan menyegarkan.Untuk membantu meredakan alergi gunakan diffuser dan campurkan peppermint dan minyak kayu putih, atau oleskan 2-3 tetes ke ke pelipis, dada, dan belakang leher Anda.

4. Meredakan Sakit Kepala

Minyak peppermint mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sirkulasi, menyegarkan perut, dan mengendurkan otot-otot yang tegang. Semua kondisi tersebut dapat menyebabkan sakit kepala atau migrain. Dan hal tersebutlah yang membuat pepermint merupakan salah satu essential oil terbaik untuk sakit kepala.Sebuah uji klinis dari para peneliti di Klinik Neurologis di University of Kiel, Jerman, menemukan bahwa kombinasi minyak peppermint, minyak kayu putih dan etanol memiliki “efek analgesik yang signifikan dengan pengurangan sensitivitas terhadap sakit kepala. Ketika minyak ini dioles ke dahi dan pelipis, itu akan meningkatkan aktifitas kognitif , dan memiliki relaksasi otot dan relaksasi mental.Untuk menghilangkan sakit kepala, oleskan 2-3 tetes minyak ke pelipis, dahi, dan belakang leher.

5. Menyegarkan Nafas dan Menyehatkan Kesehatan Mulut

Terus dicoba dan terbukti selama lebih dari 1.000 tahun, minyak peppermint telah digunakan sebagai penyegar mulut natural. Mungkin hal itu terjadi karena minyak peppermint dapat membunuh bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan infeksi atau gigi berlubang.Dan sebuah penelitian laboratorium yang diterbitkan dalam European Journal of Dentistry menemukan bahwa minyak peppermint (bersama dengan minyak pohon teh dan minyak esensial thyme) menunjukkan aktivitas antimikroba terhadap patogen oral, termasuk Staphylococcus aureus, Enterococcus fecalis, Escherichia coli dan Candida albicans.Untuk menyegarkan nafas dan meningkatkan kesehatan mulut kamu dapat menyampurkan satu tetes minyak peppermint ke pasta gigi kamu.

6. Mendorong Pertumbuhan Rambut dan Mengurangi Ketombe

Minyak peppermint digunakan dalam banyak produk perawatan rambut berkualitas tinggi karena dapat menebalkan dan menyuburkan rambut yang rusak secara alami. Minyak ini dapat digunakan sebagai perawatan alami untuk rambut rontok, dan dapat membantu untuk merangsang kulit kepala dan memberi energi pada pikiran kamu. Selain itu, mentol adalah agen antiseptik yang kuat, sehingga dapat membantu menghilangkan kuman yang mungkin menumpuk di rambut kamu. Menthol bahkan digunakan dalam sampo anti-ketombeUntuk mendorong pertumbuhan dan menutrisi rambut, masukkan 2-3 tetes peppermint ke sampo atau conditioner kamu.

7. Meringankan Rasa Gatal

Untuk membantu meringankan rasa gatal dengan peppermint, cukup oleskan 2-3 tetes secara topikal (dioles) ke area yang bersangkutan atau tambahkan 5-10 tetes ke dalam rendaman air hangat. Jika Anda menggunakan peppermint pada kulit sensitif, campurkan dengan carrier oil. Anda juga bisa mengombinasikan minyak peppermint dengan minyak lavender untuk menghilangkan rasa gatal, karena lavender memiliki sifat menenangkan.

8. Mengurangi Rasa Mual

Untuk mengurangi rasa mual, kamu tinggal menghirup peppermint dari botol.Diterjemahkan oleh Dhifi dari artikel ini