Saya menerjemahkannya dari website ini 🙂

Manfaat dari minyak cengkeh sangat mengagumkan, diantaranya dapat menaikkan sirkulasi darah dan mengurangi inflamasi. Selain itu minyak cengkeh pun dapat menyembuhkan acne dan meningkatkan kesehatan gusi dan mulut.

Salah satu manfaat minyak cengkeh yang paling terkenal adalah untuk mengurangi sakit gigi , sariawan, gusi, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan kesehatan mulut. Para produsen pasta gigi sepakat minyak cengkeh dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak yang timbul karena sakit gigi. Selain terbukti sebagai anti-inflamasi dan pengurang rasa sakit, salah satu manfaat minyak cengkeh adalah dapat bertindak sebagai spektrum anti mikroba yang luas untuk mencegah berbagai macam penyakit.

Karena hal-hal tersebut penggunaan minyak cengkeh merupakan pilihan yang bijak untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagai tambahan produk pembersih rumah tangga.

Asal Mula Minyak Cengkeh

Berasal dari Indonesia dan Madagaskar, cengkeh (Eugenia caryophyllata) dapat ditemukan di alam sebagai kuncup bunga merah muda dari pohon cemara tropis. Dipetik di akhir musim panas dan dipetik lagi di musim dingin, kuncup tersebut dikeringkan hingga berwarna coklat. Lalu kuncup kuncup bunga tersebut dibiarkan, ditumbuk agar menjadi bumbu atau disuling dengan uap agar menghasil minyak essensial cengkeh. Pulau Zanzibar (bagian dari Tanzania) merupakan penghasil terbesar cengkeh di dunia. Penghasil terbesar lainnya adalah Indonesia dan Madagaskar.

Tidak seperti rempah-rempah lainnya, cengkeh dapat tumbuh sepanjang tahun. Cengkeh telah memberikan keunggulan dari budaya lain terhadap suku asli yang menggunakannya, karena manfaat kesehatan cemgkeh dapat dinikmati lebih mudah. Panjang cengkeh dapat berkisar dari setengah inci hingga tiga perempat inci. Cengkeh umumnya terdiri dari minyak esensial 14 persen hingga 20 persen. Komponen kimia utama minyak ini adalah eugenol, yang juga bertanggung jawab atas aroma minyak cengkeh yang kuat. Selain untuk penggunaan obat yang umum (terutama untuk kesehatan mulut), eugenol juga biasanya terdapat dalam obat kumur dan parfum, dan juga dapat digunakan dalam pembuatan vanilin.

Tidak seperti rempah-rempah lainnya, cengkeh dapat tumbuh sepanjang tahun, yang telah memberikan suku asli yang menggunakannya keunggulan berbeda dari budaya lain karena manfaat kesehatan dapat dinikmati lebih mudah.Panjang cengkeh dapat berkisar dari setengah inci hingga tiga perempat inci. Cengkeh umumnya terdiri dari minyak esensial 14 persen hingga 20 persen. Komponen kimia utama minyak ini adalah eugenol, yang juga bertanggung jawab atas aroma minyak cengkeh yang kuat. Selain untuk penggunaan obat yang umum (terutama untuk kesehatan mulut), eugenol juga biasanya terdapat dalam obat kumur dan parfum, dan juga dapat digunakan dalam pembuatan vanilin.

Nah, Perlu Anda ketahui bahwa,

Dibutuhkan 10 Kg rempah cengkeh, untuk menghasilkan 10ml Clove Bud Essential Oil yang Anda miliki saat ini. Wah betapa berharganya setiap tetes Clove Bud yg Anda miliki saat ini, bahkan tidak sedikit yang sudah merasakan manfaat nya langsung untuk mengatasi masalah kesehatan yang di alami kapanpun dan dimanapun.

Cara Menggunakan Minyak Essensial Cengkeh

Jika kamu ingin memanfaatkan manfaat kesehatan dari minyak esensial cengkeh, cobalah sebarkan ke udara dengan menggunakan diffuser . Menyebarkan ke udara dengan menggunakan diffuser adalah cara yang sangat membantu dalam menggunakan minyak cengkeh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan tekanan darah.

Kamu sakit gigi? Letakkan beberapa tetes minyak cengkeh pada kapas atau cotton bud lalu oleskan kapas atau cotton bud tersebut ke gusi atau gigi yang sakit. Jika minyak cengkeh terlalu kuat, kamu bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa murni (VCO) atau minyak zaitun. Jika kamu tidak memiliki minyak cengkeh, kamu dapat menggunakan cengkeh biasa, dengan meletakkannya di mulut dekat area yang bermasalah dan membiarkannya tetap di sana sampai sakitnya berkurang atau hilang.

Jika kamu dekat dengan orang yang sedang sakit flu, kamu dapat mencampurnya dengan minyak kelapa murni (VCO) dan menggosoknya di leher dan dada kamu untuk perlindungan antioksidan alami dan untuk melindungi kamu dari sakit flu. Untuk tekanan darah tinggi,kamu juga bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa murni dan mengoleskannya ke pergelangan tangan kamu, untuk menurunkan tekanan darah kamu.

Karena minyak cengkeh mempunyai kandungan yang cukup kuat, kamu lebih baik mencampurkannya dengan carrier oil.

Untuk info selengkapnya klik link ini yaa